February 24, 2017

BUNGA SANGAT BAIK DITANAM DI HALAMAN SEKOLAH




Selamat Malam Semuanya!

Tulisan kali ini masih seputar menanam bunga. Tema yang diambil mengenai bunga sangat baik jika ditanam di halaman sekolah. Ada beberapa alasan mengapa bunga sangat baik ditanam di halaman sekolah, yaitu akan memberikan efek psikologis dan pendidikan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, jika anak-anak diajarkan merawat bunga dengan menyiram, memupuk, dan membersihkan bunga dari hama itu lebih bermanfaat lagi. Mereka, selain mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akan mendapatkan efek psikologis yaitu suasana hati yang bahagia, tenang, dan membangkitkan sejumlah pertanyaan mengenai mahluk hidup, khususnya bunga. Minimal anak-anak akan bertanya pada guru, "Bunga apakah ini?" Nah, dari pertanyaan tersebut, seorang guru bisa mengarahkan anak-anak pada tema yang lebih luas lagi. Bahkan bisa mengembangkan materi pembelajaran dengan metode eksplorasi. Anak bisa diskusi dengan temannya mengenai nama-nama bunga dan mencari tahu mengenai deskripsi bunga tersebut.

Mengajarkan anak menanam bunga, bisa menjadi dasar bagi anak untuk menghargai lingkungan sejak usia dini. Alasan lain bunga sangat baik ditanam di halaman sekolah yaitu akan memberikan suasana keindahan pada lingkungan sekolah. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa (baik guru maupun orang tua) akan lebih nyaman di lingkungan sekolah, karena pandangan mata akan lebih segar dan menghilangkan kejenuhan. Terlebih, jika sekolah tersebut terletak di pinggir jalan raya, tentu bisa menyerap debu dan asap dari kendaraan bermotor.

Menanam bunga di halaman sekolah juga sangat sejalan dengan program pemerintah, khusunya bidang lingkungan. Kita mengenal program "Menanam Seribu Pohon". Ketertarikan dan minat anak dalam menanam pohon bisa diawali dengan kegiatan yang lebih menyenangkan yaitu menanam bunga.

Gambar bunga di atas saya ambil di salah satu halaman sekolah (Taman Kanak-Kanak) yang ada di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sangat Terlihat, ada keceriaan yang lebih menonjol saat membandingkan anak-anak bermain di sekolah yang halamannya banyak ditanami bunga dengan sekolah yang tidak ada bunga sedikit pun.

Akhir kata saya mengajak pada semua, "Ajarkan anak menanam bunga sejak usia dini!"


No comments:

Post a Comment